KISI KISI SOAL
Asesmen Sumatif Semester
INFORMATIKA
Fase F2 (Kelas 12)
No |
Capaian Pembelajaran |
Tujuan Pembelajaran |
Prediksi Butir Soal |
1 |
Peserta didik mampu mampu
memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk
berkomunikasi, mencari informasi di internet, serta mahir menggunakan fitur
lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta
otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam
berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten
tersebut.
|
Mendesain sebuat surat
pemberitahuan untuk orang tua siswa menggunakan teknologi mailmerge, table of content dengan sumber data yang
sudah diolah dan disimpan dalam
file data |
Fitur
Table Of Content pada Microsoft Office Word berfungsi untuk ...
|
2 |
Salah
satu fitur Microsoft Excel dan Microsoft Word yang digunakan untuk membuat
surat dalam jumlah banyak (masal) adalah ...
|
||
3 |
Kumpulan
tombol yang berisi page number in document (menampilkan halaman yang sedang
aktif dari beberapa halaman dokumen), number of words in document
(menunjukkan jumlah kata yang ditulis dalam dokumen), proofing check
(memeriksa ejaan yang salah dalam dokumen) adalar Pengertian dari fitur ...
|
||
4 |
Dokumen
yang disiapkan dalam bentuk file selain dicetak sesuai kebutuhan juga
disimpan dalam bentuk soft file di folder yang diinginkan sehingga memudahkan
pengguna ketika sewaktu-waktu membutuhkan file tersebut. Langkah yang
dilakukan ketika akan menyimpan file dalam folder baru adalah ...
|
||
5 |
Peserta didik
mendeskripsikan dan menarik pelajaran dari sejarah perkembangan komputer dan
tokoh- tokohnya; menjelaskan hak kekayaan intelektual dan lisensi, aspek
teknis, hukum, ekonomi, lingkungan dan sosial dari produk TIK, , serta mampu
menjelaskan berbagai bidang studi dan profesi bidang informatika serta peran
informatika pada
|
Menghargai hak kekayaan
intelektual dan lisensi dalam menggunakan produk TIK |
Lisensi
yang memperbolehkan pengguna untuk tidak hanya menggunakan perangkat lunak
tersebut, tetapi juga untuk melihat, mengubah, dan mendistribusikan kode
sumber program yang digunakan untuk membuat perangkat lunat tersebut adalah
lisensi ...
|
6 |
Mengetahui peran Informatika
dalam berbagai bidang pekerjaan, dan profesi di
bidang informatika. |
Disiplin
ilmu yang mempelajari solusi-solusi tekonologi komputer bagi organisasi
bisnis, pemerintah, kesehatan, sekolah dan organisasi lainnya adalah ...
|
|
7 |
Peserta didik dapat memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan
berpikir komputasional pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa
solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar. |
Memahami konsep dan
penerapan rekursi Memahami konsep dan
penerapan rekursi |
Tentukan f(5) … |
8 |
Berapa
nilai (ketiga) angka berikutnya dalam barisan Fibonacci jika dua angka
pertama adalah 0 dan 1 ...
|
||
9 |
Memahami konsep dan
penerapan algoritma greedy Memahami konsep dan
penerapan algoritma greedy |
Anda
memiliki sejumlah koin dengan nilai berbeda, yaitu 1, 2, 5, 10, dan 25 sen.
Anda ingin menggunakan algoritma greedy untuk membayar jumlah tertentu dengan
jumlah koin sesedikit mungkin. Jika
Anda harus membayar 63 sen, maka berapa banyak koin yang akan Anda gunakan …
|
|
10 |
Anda
memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari dengan waktu
yang terbatas. Setiap
pekerjaan memiliki waktu yang dibutuhkan dan penghasilan yang berbeda. Anda
ingin menggunakan algoritma greedy untuk memilih pekerjaan sehingga
penghasilan Anda maksimal. Jika
Anda memiliki empat pekerjaan dengan waktu dan penghasilan berikut: Pekerjaan
A : Waktu 3 jam, Penghasilan Rp.200.000 Pekerjaan
B : Waktu 1 jam, Penghasilan Rp.100.000 Pekerjaan
C : Waktu 2 jam, Penghasilan Rp.150.000 Pekerjaan
D : Waktu 4 jam, Penghasilan Rp.250.000 Pekerjaan
mana yang akan Anda pilih?
|
||
11 |
Peserta didik dapat bergotong royong dalam tim inklusif untuk
mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan
menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai, dan mengkomunikasikan
(presentasi, dokumentasi) program dan proses pengembangan solusi |
Menjelaskan
penerapan informatika dalam bidang pertanian, kesehatan, atau bidang lain
yang dipilih oleh guru sesuai konteks, serta dampak-dampaknya
|
Sebuah perusahaan pertanian menggunakan sistem AI (Artificial
Intelligence) untuk memantau kondisi tanaman. Sistem AI (Artificial
Intelligence) tersebut menggunakan sejumlah faktor, termasuk kondisi
cuaca, kondisi tanah, dan kondisi hama. Berdasarkan
narasi tersebut, manakah dampak sosial informatika di bidang pertanian yang
paling mungkin terjadi?
|
12 |
peserta didik mampu menganalisis beberapa strategi algoritmik secara kritis dalam menghasilkan banyak alternatif solusi untuk satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari semua alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak |
Menerapkan
berpikir kritis dalam pengambilan keputusan Menerapkan
berpikir kritis dalam pengambilan keputusan
|
Salah satu cara untuk meningkatkan literasi
digital masyarakat adalah dengan memberikan pendidikan literasi digital
kepada masyarakat. Pendidikan literasi digital tersebut dapat mencakup
materi-materi berikut, kecuali ...
|
13 |
Fikri dan Adi sedang membicarakan telemedicine. Menurut
Fikri, adanya telemedicine lebih menghemat biaya dan mudah
dijangkau. Tetapi menurut Adi, diagnosis yang dilakukan melalui layanan telemedicine kurang
efektif. Mereka mencari kebenaran dari masing-masing pendapat melalui kajian
artikel hasil penelitian. Kegiatan yang dilakukan Fikri dan Adi merupakan
salah satu langkah dalam berpikir kritis yaitu ...
|
||
14 |
Peserta
didik dapat memahami penerapan praktik baik konsep pemrograman prosedural
dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan
program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan
strategi algoritmik yang tepat
|
mampu
mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan perfomansi, penggunaan ulang
dan kemudahan implementasi |
Aplikasi A merupakan salah satu mobile apps bidang
e-commerce. Secara berkala aplikasi tersebut melakukan upgrade. Satu
tahun setelah peluncurannya, aplikasi tersebut meng-upgrade layout aplikasi
dengan menambahkan fasilitas scroll foto pada produk yang dijual. Upgrade
yang dilakukan aplikasi A bertujuan untuk …
|
15 |
mampu
mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan perfomansi, penggunaan ulang
dan kemudahan implementasi |
Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Berjalan
secara mandiri dengan cara menginstal terlebih dahulu (2) Tidak
memerlukan koneksi internet karena aplikasi sudah terinstal sebelumnya (3) Umumnya
memiliki lisensi dan belum tentu mendukung semua sistem operasi (4) Sangat
bergantung pada spesifikasi komputer yang menjalankannya (5) Proses
membuka aplikasi lebih cepat Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri dari
aplikasi …
|
|
16 |
peserta
didik mampu menganalisis beberapa strategi algoritmik secara kritis untuk
menghasilkan banyak alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan
justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif
solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan
optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak |
Peserta
didik mampu memahami pengertian Internet of Things (IoT) dan penerapannya
pada kehidupan sehari-hari |
Sebuah
kesatuan sistem perangkat komputasi yang saling berhubungan atau
berkomunikasi, baik mekanisme mesin dan digital, yang dilengkapi identifikasi
unik dan mampu melakukan tranfer data melalui jaringan internet tanpa
memerlukan bantuan manusia ke manusia atau manusia ke komputer merupakan
sistem…
|
17 |
Peserta
didik mampu memahami komputasi awan (cloud computing) dan jenis layanan yang
dapat dilakukan dari komputasi awan |
Pengertian
Cloud Computing adalah konsep yang digunakan untuk menggambarkan berbagai
konsep komputasi melibatkan sejumlah komputer yang terhubung melalui jaringan
komunikasi real-time seperti internet, maksud dari komunikasi real-time
adalah ….
|
|
18 |
Menghasilkan prototipe perangkat lunak yang berinteraksi dengan single board computer/controller atau kit elektronika untuk
edukasi yang bisa diprogram, serta mampu mengomunikasikan produk dan proses
pengembangan perangkat lunak yang dilakukan dengan menggunakan perangkat
lunak aplikasi
|
Peserta
didik mampu memaparkan konsep penggunaan komponen dan proses pemberian
perintah sederhana pada komponen Arduino |
“ delay() ” fungsi ini digunakan untuk waktu tunda
sebelum mengeksekusi kode progam yang selanjutnya atau kode progam yang
dibawahnya, satuan yang digunakan adalah …
|
19 |
Seorang
siswa ingin menampilkan teks "Selamat Datang" pada layar LCD 16x2
yang dihubungkan ke Arduino Uno. Di
dalam kode program siswa tersebut menuliskan “ lcd.setCursor(5, 1); ” pada
program yang dibuatnya. Apabila
dijalankan, maka teks “Selamat Datang”
tersebut akan berjalan seperti …
|
||
20 |
peserta didik memahami konsep lanjutan jaringan komputer dan
internet meliputi topologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer,
aspek teknis berbagai jaringan komputer, lapisan informasi dalam suatu sistem
jaringan komputer (OSI Layer), komponen jaringan komputer, dan mekanisme
pertukaran data, konsep cyber security,
tata kelola kontrol akses data, serta faktor-faktor dan konfigurasi keamanan
jaringan.
|
Peserta
didik dapat menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman mengenai
jaringan komputer dan manfaatnya, topologi jaringan yang menghubungkan
beberapa komputer dan aspek teknis berbagai jaringan komputer. |
Pernahkah kalian melihat
tower seperti pada gambar di sekitar lingkungan kalian? Tower tersebut
menghubungkan jaringan pada setiap perangkat yang mungkin kalian gunakan .
Jaringan yang dihasilkan dari tower tersebut merupakan bagian dari jaringan
...
|
ga bisa langsung jwban aja ya pak?😌
BalasHapusbaguzz bgt
BalasHapusMakasih banyak bapak
BalasHapuskece
BalasHapus(h)
BalasHapusmakasihh ya pak
BalasHapuskamsahamnida
BalasHapus